Rabu, 08 Mei 2019

10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Sharing ke rekan kamu Tidak hanya populer dengan kulinernya yang menggugah hasrat, Purwokerto menyediakan bermacam obyek wisata yang tawarkan keindahan bak surga dunia. Diantaranya ialah Small Word. Small Word tawarkan obyek wisata alam serta riwayat yang dikemas dengan unik serta kreatif. Di Small Word, Anda dapat lihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang dikemas dengan begitu cantik.

Walau obyek wisata di Purwokerto ini baru diresmikan pada bulan September 2016 lalu, tapi cukup sudah digemari oleh pelancong khususnya kawula muda. Bagaimana tidak? Banyak spot cantik yang pas untuk penuhi dinding Instagram. Disana Anda dapat juga lihat bunga-bunga bermacam warna yang bisa menyejukkan mata.

Tidak hanya Small Word, ada juga 10 obyek wisata di Purwokerto lain yang harus Anda datangi. Apapun itu? Tersebut infonya.



1. Baturraden



Baturraden

Baturraden termasuk juga tempat wisata favorite yang harus Anda datangi. Terletak pas di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat meniti perjalanan dengan memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Bila ingin memakai kendaraan pribadi, hati-hatilah waktu meluncur. Masalahnya medan pegunungan yang turun-naik cukuplah menguji potensi Anda pada berkendara. Sesampainya disana, Anda dapat nikmati penorama pegunungan yang asri, komplet dengan pohon-pohon yang teduh. Anda juga dapat rasakan kesejukan udara pegunungan.

Tempat wisata Baturraden termasuk juga tempat wisata yang cukuplah lengkap. Di obyek wisata di Purwokerto ini ada banyak wahana wisata yang bisa di nikmati bersama dengan keluarga, misalnya kolam renang, kolam luncur, sepeda air, therapy ikan, sampai pemandian air panas. Di lokasi wisata ini ada kebun binatang mini yang dapat didatangi bersama dengan keluarga.

Diluar itu, ada museum tempat menaruh kerangka satwa Indonesia serta teater Baturraden yang dikemas dengan unik. Ya, teater Baturraden adalah satu pesawat yang telah disulap jadi satu teater. Teater ini memutar film berdurasi 10-15 menit, yang membahas mengenai kekayaan pariwisata, budaya, serta kekayaan alam Banyumas.

Harga ticket masuk Baturraden ialah seharga Rp14.000, telah termasuk juga ticket masuk, berenang, pemandian air panas, serta permainan sepeda air. Bila ingin berkunjung ke kebun binatang mini, Anda tinggal meningkatkan Rp8.000,00 saja. Murah, kan?




2. Baturraden Adventure Forest (BAF)

Baturraden Adventure Forest

Tempat wisata ini ada dalam kompleks wisata alam Baturraden. Baturraden Adventure Forest atau yang biasa dimaksud BAF tawarkan pengalaman bertualang di alam terbuka. Ada banyak program wisata yang mereka menawarkan, misalnya mountain adventure, water adventure, tree adventure, serta eco adventure.

Dari semasing program, terdiri jadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata sehari serta paket wisata 1/2 hari, dengan tarif semasing Rp230.000 serta Rp150.000. Tarif ini telah termasuk juga design serta kelengkapan program, fasilitas, makan, cemilan, tenaga medis, serta asuransi.

Oh iya, pengelola sudah mempersiapkan tenda yang dapat disewa oleh pengunjung.

3. Pancuran Pitu Baturraden serta Goa Sarabadak

Goa Sarabadak

Pancuran Pitu Baturraden sukses jadi satu diantara obyek wisata di Purwokerto yang harus didatangi. Tempatnya masih terdapat dalam kompleks wisata Baturraden. Anda dapat menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km. Jika malas, Anda dapat memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan melalui Bumi Perkemahan Baturraden.

Pancuran Pitu Baturraden menyediakan panorama alam yang elok. Diluar itu, ada juga sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Konon, kandungan belerang dari sumber air panas ini dapat hilangkan semua penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau jerawat. Tertarik untuk coba?

Oh iya, tidak jauh dari situ (seputar 50 meter), ada juga tempat wisata Goa Sarabadak yang menyediakan wisata goa komplet dengan tebing keemasan yang unik. Anda dapat melihat air panas yang bersumber dari Pancuran Pitu Baturraden, mengalir di selama tebing dengan kepulan uap panas. Endapan belerang dari air itu yang membuat tebing berwarna kekuningan.

Baca juga : review hawai waterpark malang

4. Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet sudah pasti tidak asing di telinga beberapa pencinta wisata alam. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet diputuskan jadi gunung paling tinggi se-Jawa Tengah (serta ke-2 paling tinggi di pulau Jawa sesudah Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung ini, ada tiga jalan yang bisa dilewati. Jalan selatan lewat Baturraden, jalan barat lewat Kaliwadas, serta jalan timur lewat Bambangan. Dari ke-3 jalan itu, jalan paling akhir berikut (Bambangan) yang mempunyai rute paling dekat. Tidak hanya mempunyai jarak yang lebih dekat, panorama pada jalan ini yang paling indah. Anda dapat lihat kawanan kera yang “menemani” Anda sepanjang mendaki.

Hal yang paling mengagumkan dari pucuk Gunung Slamet adalah panorama awan yang terbentang luas selama mata melihat. Anda juga bisa nikmati “negeri diatas awan” waktu ada di obyek wisata di Purwokerto ini.

Ada dikit panduan untuk mendaki Gunung Slamet. Mendakilah saat musim panas datang, sebab musim hujan akan membuat jalan pendakian berasa lebih licin. Diluar itu, sediakan stamina fisik serta mental yang baik, sebab pendakian ini akan banyak kuras fisik serta mental.





5. Curug Gomblang

Curug Gomblang

Ini adalah satu diantara air terjun ‘curug’ yang sedang hits di Purwokerto. Walau curug ini tidaklah terlalu tinggi, panorama yang dipunyai begitu mengagumkan. Lebih ada banyak spot berpose yang sudah disiapkan oleh pengelola. Lewat spot berpose itu, pengunjung bisa ambil gambar dengan latar Curug Gomblang.

Obyek wisata ini ada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan waktu pintas seputar 42 menit saja. Anda dapat masuk lokasi obyek wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukuplah irit, cuma Rp5.000 saja.

6. Curug Cipendok

Curug Cipendok

Senang main air sekalian lihat satwa langka? Mungkin Anda dapat coba ke obyek wisata di Purwokerto yang satu ini. Ya, di Curug Cipendok Anda dapat dengar alunan suara dari burung elang jawa yang berputar melingkari curug. Tetapi, tolong tahan kemauan Anda untuk berburu atau mengumpulkan hewan itu, sebab elang jawa termasuk juga satwa langka yang dilindungi. Biarlah mereka hidup damai di habitatnya, ya!

Tidak hanya dapat lihat elang jawa, Anda dapat juga temukan spesies endemik ciri khas Purwokerto, yakni monyet berwarna abu-abu. Itu jika Anda mujur, sebab banyaknya yang semakin tipis.

Hal-hal lain yang menarik dari Curug Cipendok adalah rimba yang asri dengan hawa yang sejuk ciri khas pegunungan, sebab tempat wisata ini memang ada dalam kompleks wisata Baturraden. Air yang berada di telaga ini juga masih jernih, hingga Anda dapat berenang serta main sampai senang. Untuk keamanan, hindari berenang di dekat air terjun sebab mempunyai arus yang begitu deras.

7. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Ini adalah tempat wisata yang cukuplah popular di Purwokerto, lebih semenjak tahun 2015 kemarin. Menurut pernyataan beberapa pelancong, Bukit Tranggulasih adalah tempat paling baik untuk nikmati sunrise (matahari keluar) serta sunset (matahari tenggelam).

Di Bukit Tranggulasih ada lima bagian dengan panorama yang berlainan.Dibagian utara, ada jejeran lereng Pegunungan Slamet yang demikian indah. Dibagian timur, Anda dapat melihat matahari keluar dengan begitu bebas (serta tentu saja begitu indah). Di timur laut, ada Bukit Cendana yang jadi tempat perkemahan yang cukuplah populer. Dibagian barat, Anda dapat lihat matahari tenggelam yang demikian romantis. Paling akhir, dibagian selatan, Anda dapat lihat panorama laut yang terbentang indah, komplet dengan lanskap Kota Purwokerto yang bisa Anda pandangi dari atas bukit.

Hal-hal lain yang menarik dari obyek wisata di Purwokerto ini adalah Anda dapat berkemah bersama dengan rekan-rekan sambil membuat api unggun. Anda juga bisa memakai peristiwa ini untuk “menembak” gebetan yang telah lama diidam-idamkan.

8. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Obyek wisata ini ada di Kecamatan Kebasean, Purwokerto. Untuk nikmati keindahan pemandangan bukit, Anda harus mendaki bukit sepanjang kira-kira 20 menit. Jadi, yakinkan situasi fisik Anda cukuplah memberi dukungan, ya!

Pada awal pendakian, jalan ke arah bukit ini dikelilingi oleh pohon bambu yang demikian teduh. Tetapi sesudah cukuplah tinggi, panorama akan bertukar jadi rimba pinus yang asri seperti di Bogor, komplet dengan cahaya matahari yang melihat dari balik dedaunan.

Setelah tiba diatas, Anda akan diterima panorama Sungai Serayu yang demikian indah. Bila disaksikan dari atas ketinggian, sungai ini akan kelihatan berlika-liku. Tentunya, ini bisa menjadi latar yang indah untuk menghiasi dinding Instagram Anda. Sesudah capek berpose, Anda dapat nikmati embusan angin yang mengalun demikian lembut serta menentramkan.

Diatas bukit ada pondokan yang jual bermacam makanan tradisionil ciri khas Purwokerto, misalnya pecel serta mendoan. Anda dapat “mengisi bensin” terlebih dulu sebelum berusaha menuruni bukit.

9. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Yups, sesuai dengan namanya, obyek wisata di Purwokerto ini memang masih sunyi sebab jauh dari hiruk pikuk kota serta tempat tinggal masyarakat. Pelancong juga sedikit yang banyak yang datang sebab memang sedikit yang tahu. Walau sebenarnya, dibalik namanya yang terlihat “kesepian”, dia mempunyai panorama yang demikian memesona.

Air di obyek wisata ini begitu jernih sebab berasal dari mata air alami Gunung Slamet. Berada di tengahnya rimba, kesejukan hawa serta situasi tenang juga dapat Anda dapatkan waktu ada di lokasi Telaga Sunyi.

Anda dapat berenang, menyelam, serta mengobservasi bebatuan indah yang berada di basic telaga. Janganlah lupa untuk berburu photo dibawah air, seperti yang biasa dikerjakan pengunjung yang lain.

Mengenai sarana di sini lumayan memadai, misalnya kamar mandi serta tempat bertukar baju yang sudah disediakan oleh pengelola. Bujet yang dibutuhkan pun tidak begitu mahal, cuma Rp13.000 untuk ticket masuk serta Rp3.000 untuk parkir kendaraan. Untuk sampai obyek wisata ini, Anda dapat meniti perjalanan sepanjang kira-kira 15-20 menit dari Kota Purwokerto.

Mungkin dikit pendapat yang dapat kami berikan adalah, obyek wisata di Purwokerto ini lebih pas untuk Anda yang dapat berenang sebab kedalaman telaga sampai 3 km.

10. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

Sesudah senang menelusuri keindahan alam Purwkerto, tidak ada kelirunya Anda mencari obyek wisata bersejarah yang berada di Purwokerto. Satu diantara tempat wisata riwayat yang paling popular adalah Museum Bank Rakyat Indonesa.

Seperti yang kita tahu, Bank BRI adalah bank nasional paling tua di Indonesia. Karena itu tidaklah heran bila dibuatkan satu museum. Museum ini berisi riwayat mengenai Bank Plat Merah ini. Diluar itu, Anda dapat juga lihat koleksi uang-uang kuno yang mereka punya, mulai dari uang kertas sampai uang koin. Di sini juga Anda dapat lihat perlengkapan/mesin perbankan yang dulu dipakai untuk menjalankan satu bank.

Bila tertarik, Anda dapat hadir ke obyek wisata di Purwokerto ini di Jalan Sudirman No.57, Purwokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar